Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Menggunakan Media Tabel Melalui Model Pembelajaran Quantum Learning pada Siswa Kelas VII B di SMP Muhammadiyah I Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

MARGIANA, DESY NAVIA (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Menggunakan Media Tabel Melalui Model Pembelajaran Quantum Learning pada Siswa Kelas VII B di SMP Muhammadiyah I Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan menulis narasi siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Surakarta setelah diterapkannya pembelajaran melalui model Quantum Learning, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dalam mengubah Tabel menjadi karangan narasi dengan model pembelajaran Quantum Learning. (3) Untuk mengkaji persepsi dan kesan siswa terhadap pemanfaatan media tabel dan pembelajaran Quantum learning untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kritis dan interaktif. Teknik analisis kritis bertujuan mengungkap kelemahan dan kelebihan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran di kelas selama penelitian ini berlangsung. Adapun teknik analisis interaktif yakni teknik yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal menulis narasi peserta didik hingga sampai pada tahapan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Tabel Melalui Model Quantum Learning. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa. Nilai rata-rata prestasi ketika prasiklus sebesar 59,41 meningkat menjadi 66,8 pada siklus I, dan siklus II meningkat menjadi 79,5. Presentase ketuntasan belajar tiap siklus yaitu prasiklus 38% siklus I 77% dan siklus II 97,2%. Jadi, total Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Tabel Melalui Model Quantum Learning sebesar 59,2%. (2) Berdasarkan wawancara pada penelitian ini persepsi dan tanggapan siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil wawancara siklus I pertanyaan pertama, lebih banyak siswa yang menjawab cukup menyenangkan sebanyak 42%. Pertanyaan kedua, banyak siswa yang menjawab cukup paham 55%. Pertanyaan ketiga, hasil wawancara lebih banyak siswa menjawab cukup menyenangkan 45%. Pertanyaan keempat, siswa pilihan menarik dengan presentase 44%. Kemudian pertanyaan kelima, siswa paling banyak menjawab cukup penting yaitu 47%. Hasil wawancara siklus II pertanyaan pertama, lebih banyak siswa yang menjawab menyenangkan 67%. Pertanyaan kedua, paling banyak siswa yang menjawab paham sebanyak 55%. Pertanyaan ketiga, hasil wawancara lebih banyak siswa yang menjawab menyenangkan sebanyak 55%. Pertanyaan keempat, banyak siswa yang menjawab menarik dengan presentase 64%. Kemudian pertanyaan kelima, banyak siswa menjawab penting dengan presentase 58%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis narasi, media tabel, Quantum Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2012 06:54
Last Modified: 03 Jan 2012 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16401

Actions (login required)

View Item View Item