Evaluasi Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Bsc) Generasi Kedua ( Studi Kasus: Pt. Aneka Adhilogam Karya, Klaten )

Handoko, Hendro Sri and , Ratnanto Fitriadi, ST, MT (2008) Evaluasi Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Bsc) Generasi Kedua ( Studi Kasus: Pt. Aneka Adhilogam Karya, Klaten ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Skripsi Fulltext)
D600020016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Metode Balanced Scorecard (BSC) Generasi Kedua merupakan salah satu metode pengukuran kinerja perusahaan yang meninjau kinerja perusahaan tidak hanya dari sisi keuangan, namun juga dari sisi non keuangan. Balance Scorecard (BSC) Generasi Kedua memperbaiki kekurangan dari Balanced Scorecard (BSC) Generasi Pertama. Dalam Balance Scorecard (BSC) Generasi Kedua, Balanced Scorecard sebagai elemen sistem manajemen strategis digunakan untuk mengimplementasikan strategi. Balanced Scorecard (BSC) Generasi Kedua telah membuat keterkaitan strategis sehingga manajemen dapat mengetahui bahwa adanya hubungan kausalitas yang menyebabkan ukuran kinerja yang satu akan mempengaruhi ukuran kinerja yang lain. Penelitian yang berjudul ”Evaluasi Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (BSC) Generasi Kedua” ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengukuran kinerja (SPK) PT. Aneka Adhilogam Karya yang meliputi perspektif Keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Pembobotan elemen-elemen yang terdapat dalam pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan sofware Expert Choice, sedangkan untuk penghitungan skornya menggunakan metode Objective Matrix (OMAX). Dengan demikian, diharapkan PT. Aneka Adhilogam Karya dapat mengetahui dengan tepat prioritas perbaikan yang harus dilakukan. Hasil identifikasi berdasarkan sasaran strategis (strategic objectives) dan kebutuhan manajemen, terbentuk 10 KPI (Key Performance Indicator), terdiri atas 3 KPI pada perspektif keuangan, 2 KPI pada perspektif pelanggan, 3 KPI pada perspektif proses bisnis internal, dan 2 KPI pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Secara keseluruhan, indeks pencapaian kinerja PT. Aneka Adhilogam Karya adalah kategori cukup baik dengan skor kinerja sebesar 5,148.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kinerja, Balance Scorecard (BSC) Generasi Kedua, PT. Aneka Adhilogam Karya
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HD Management, Business and Labor > Management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2009 08:10
Last Modified: 15 Nov 2024 01:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item