WINDAWATI, RETNOAINI ENGGAR (2008) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. NATASHA SKIN CARE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
F100040026.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
Abstract
Loyalitas pelanggan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan. Agar sebuah perusahaan dapat memenangkan persaingan maka perusahaan itu harus meningkatkan loyalitas pelanggan dan harus menjalin hubungan mesra dengan pelanggan. Perusahaan harus menyesuaikan dan mengikuti apa yang diminta oleh pelanggan. Semakin banyaknya produk perawatan kulit wajah yang beredar menyebabkan adanya persaingan. Salah satu strategi yang lebih efektif dalam mengatasi hal ini adalah kualitas produk. Kualitas mempunyai daya tarik bagi konsumen yang sangat berpengaruh dalam memilih barang atau jasa. Produk dikatakan berkualitas jika sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Kecenderungan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan mempercantik diri didukung oleh kualitas yang baik sangat penting. Sangat penting pula mempertahankan kualitas yang baik, karena kualitas yang baik merupakan kunci keberhasilan pemasaran produk dimana produk yang baik akan menimbulkan keputusan membeli dan nantinya akan berdampak pada peningkatan loyalitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kualitas produk dengan loyalitas pelanggan. Hipotesa yang diajukan adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap kualitas produk dengan loyalitas pelanggan. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment dan stepwise. Hasil analisis data diperoleh dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh nilai r sebesar 0,592 dan persepsi terhadap kualitas produk tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 134,895 dan rerata hipotetik sebesar 107,5. Loyalitas pelanggan juga tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 106,070 dan rerata hipotetik sebesar 85. Sumbangan efektif persepsi terhadap kualitas produk dengan loyalitas pelanggan sebesar 35% ditunjukkan oleh koefisien korelasi determinan sebesar 0,350. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kualitas produk dengan loyalitas pelanggan. Semakin tinggi persepsi terhadap kualitas produk maka akan semakin tinggi pula loyalitas pelanggan. Semakin rendah persepsi terhadap kualitas produk maka akan semakin rendah pula loyalitas pelanggan. Dari hasil analisis stepwise dapat diketahui bahwa aspek yang berkorelasi terhadap loyalitas pelanggan adalah aspek kinerja dengan rx1y = 0,225 dan p = 0,003, aspek keandalan dengan rx4y = 0,242 dan p = 0,016, aspek kesesuaian dengan spesifikasi dengan rx6y = 0,308 dan p = 0,003, dan aspek hasil dengan rx7y = 0,303 dan p = 0,001. Aspek yan paling dominan terhadap loyalitas pelanggan adalah aspek kesesuaian dengan spesifikasi dengan sumbangan efektif sebesar 33,930%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK ,LOYALITAS PELANGGAN |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 26 May 2009 08:00 |
Last Modified: | 19 Nov 2010 08:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1638 |
Actions (login required)
View Item |