Budaya Belajar Anak Petani Lahan Basah (Studi Kasus di MTs YPI Klambu Kabupaten Grobogan)

Puspitorini., Kristianti Dwi (2011) Budaya Belajar Anak Petani Lahan Basah (Studi Kasus di MTs YPI Klambu Kabupaten Grobogan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
E._BAB_1.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
F._BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
G._BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
H._BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
I._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab VI)
J._BAB__VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
K._DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
L._LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik budaya belajar anak Petani lahan basah di MTs YPI Klambu pada saat di sekolah. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik budaya belajar anak Petani lahan basah di MTs YPI Klambu pada saat di rumah. (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik budaya belajar anak Petani lahan basah di MTs YPI Klambu di masyarakat. Penelitian dilakukan di MTs YPI Klambu Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Data yang diperoleh di lapangan akan diolah dengan cara mengumpulkan semua data yang ada. Hasil penelitian ini (1) Budaya belajar anak petani lahan basah di sekolah memiliki ciri berupa ketepatan siswa pada waktu masuk kelas yaitu siswa yang masuk kelas setelah bel masuk sekolah berbunyi. Dalam hal mengikuti tata tertib sekolah anak petani lahan basah di sekolah memiliki kebiasaan berdoa dan membaca asmaul husna. Anak petani lahan basah di sekolah mempunyai kebiasan untuk mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas, dan berinteraksi dengan penghuni kelas yang lain baik guru maupun sesama siswa. (2) Budaya belajar anak petani lahan basah di rumah diwujudkan dalam bentuk penjadwalan kegiatan belajar di luar sekolah secara rinci sesuai dengan yang mereka akan lakukan. Bentuk lingkungan belajar di luar sekolah dengan belajar di rumah atau belajar kelompok yang di adakan oleh kampung yang diprakarsai oleh ketua RW setempat, dan didukung oleh keluarga dengan penyediaan sarana dan prasaran belajar siswa di rumah. (3) Budaya belajar anak petani lahan basah di masyarakat berupa dukungan lingkungan masyarakat terhadap budaya belajar dengan adanya les atau belajar bersama yang secara pribadi dilakukan oleh tokoh agama setempat yang membantu dalam belajar siswa di luar sekolah. Budaya belajar anak petani lahan basah di MTs YPI Klambu terbagi menjadi dua macam yaitu siswa dengan kebiasaan belajar secara individualis dan siswa yang dapat lebih mudah melakukan kegiatan belajar bila berkelompok. Ketersediaan sarana prasarana belajar pada masyarakat berupa fasilitas mushola dan rumah para tokoh agama.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: budaya, belajar, petani, lahan basah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Dec 2011 06:06
Last Modified: 27 Dec 2011 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16330

Actions (login required)

View Item View Item