Setiyaningsih, Tri (2011) Pembekalan Siswa SMK Menuju Dunia Industri/Dunia Kerja (Study Situs: SMK Negeri 1 Kalijambe). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Depan_TESIS_.pdf Download (89kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_wawancara.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui karakteristik pembekalan siswa di SMK N 1 Kalijambe yang dijabarkan pada tujuan khusus yaitu: 1) Karakteristik organisasi pembekalan siswa SMK Negeri 1 Kalijambe menuju dunia industri / dunia kerja, 2) Karakteristik hubungan kerja oraginsasi dengan sekolah dalam pembekalan siswa SMK N 1 Kalijambe menuju dunia industri/dunia, 3) Karakteristik aktivitas guru dalam pembekalan siswa menuju dunia kerja, 4) Karakteristik aktivitas siswa dalam pembekalan Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan desain etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara. analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yaitu data reduksi, sajian data dan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan. Pola penyelenggaraan pembelajaran di SMK Negeri 1 Kalijambe, Sragen adalah melaksanakan pendidikan system ganda. Organisasi pembekalannya adalah pokja PSG. Tim pokja ini berperan sebagai koordinator pelaksanaan dalam kegiatan pembekalan keterampilan siswanya menuju dunia kerja/dunia industry. Organisasi pokja PSG melakukan kerjasama dengan sekolah untuk menyelaraskan kurikulum dengan melakukan sinkronisasi antara kebutuhan sekolah dan kebutuhan dunia industry/dunia kerja untuk menghasilkan kurikulum implementatif. Guru berperan untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dalam kegiatan pembekalan keterampilan. Untuk menyikapi sarana prasarana yang masih minim, guru produktif melaksanakan team teaching. Satu guru melaksanakan praktek di bengkel dalam dan yang satunya di luar bengkel. Siswa SMK Negeri 1 Kalijambe mengikuti proses pembelajaran baik di sekolah maupun pembelajaran di industry berdasarkan jadwal yang disusun oleh kurikulum. Melaksanakan prakerin selama 4 bulan di semester genap kelas XI dan melaksanakan uji sertifikasi kompetensi untuk mendapatkan pengakuan dari lembaga terkait.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembekalan siswa, SMK, Dunia Kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Dec 2011 05:23 |
Last Modified: | 27 Dec 2011 05:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16325 |
Actions (login required)
View Item |