HANIFAH, HANIFAH (2008) PENINGKATAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 2 Widodaren Ngawi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410030035.pdf Download (234kB) |
|
PDF
A410030035.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan problem solving siswa melalui penerapan pendekatan problem posing pada pembelajaran matematika pokok bahasan persegi panjang (2) peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan problem posing. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Widodaren Ngawi yang berjumlah 40 siswa, subjek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika kelas VII E SMP Negeri 2 Widodaren Ngawi berkolaborasi dengan peneliti. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada peningkatan kemampuan problem solving siswa sebelum adanya tindakan sampai tindakan putaran II dalam memahami masalah dari 25% hingga mencapai 70%, dalam merencanakan strategi pemecahan masalah dari 22.5 % hingga mencapai 67.5%, dalam melaksanakan strategi pemecahan masalah dari 22.5% hingga mencapai 65%, dalam memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dari 12.5% hingga mencapai 42.5%.Kemampuan rata-rata pemecahan masalah diperoleh peningkatan dari 25% hingga mencapai 75%.(2) ada peningkatan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan sampai tindakan putaran II dalam mengerjakan tugas mandiri dari 40% hingga mencapai 85%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan problem posing dapat meningkatkan kemampuan probem solving siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran persegi panjang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan problem solving, memahami masalah, merencanakan strategi pemecahan masalah, melaksanakan strategi pemecahan masalah, memeriksa kembali hasil pemecahan masalah, pendekatan problem posing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 26 May 2009 07:44 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 04:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1631 |
Actions (login required)
View Item |