Peran Dana BOS Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Studi Kasus Di SMP Negeri 4 Karanganom-Klaten)

Mulyadi, Mulyadi (2011) Peran Dana BOS Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Studi Kasus Di SMP Negeri 4 Karanganom-Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (182kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab VI)
bab_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Karakteristik penggunaan dana BOS SMP Negeri 4 Karanganom; 2) Karakteristik kebijakan-kebijakan yang diambil kepala sekolah dalam mengelola dana BOS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Teknik ini merupakan teknik mengumpulkan data yang berbeda-beda (observasi, wawancara dan dokumentasi) untuk mendapatkan data dari sumber yang sama, analisis data bersifat induktif/kualitatif yang dimulai dari pengumpulan data, display data, reduksi data samapi pada kesimpulan, dan hasil penelitian lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian ini antara lain : 1) Dana BOS merupakan satu-satunya sumber dana untuk biaya operasional kegiatan sekolah. Penggunaan dana BOS di SMP Negeri 4 Karanganom sudah sesuai dengan buku pedoman BOS yang terdiri dari 13 poin. 2) Ada tiga program kepala sekolah yang berkaitan dengan penggunaan dana BOS yaitu peningkatan akademik, pengingkatan non-akademis dan kerja sama dengan masyarakat sekitar sekolah. Untuk meningkatkan program akademik, sekolah menganggarkan 63,6 % dari dana BOS yang ada. Dana terbesar adalah untuk perbaikan kualitas proses belajar mengajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dana BOS berperan besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya di SMP Negeri 4 Karanganom-Klaten. Hal ini disebabkan dana BOS merupakan satu-satunya sumber dana operasional kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 4 Karanganom-Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dana BOS, Kualitas Pembelajaran, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Dec 2011 04:04
Last Modified: 24 Dec 2011 04:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

View Item View Item