Sulastri, Enggar Muji (2011) Pengelolaan Budaya Tertib Siswa di SMA Negeri Gondang Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf Download (279kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab VI)
bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan ciri-ciri budaya tertib siswa dalam mengikuti pembelajaran di SMA Negeri Gondang Sragen, (2) Untuk mendeskripsikan ciri-ciri budaya tertib siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri Gondang Kabupaten Sragen, (3) Untuk mendeskripsikan ciri-ciri budaya tertib siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah di SMA Negeri Gondang Kabupaten Sragen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian etnografi. Informan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, koordinator BK (Bimbingan Konseling), STP2K (Satuan Tugas Pelaksanaan Pembinaan Kesiswaan) dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Keabsahan data menggunakan cara pengamatan yang terus-menerus, trianggulasi, serta membicarakan dengan orang lain atau rekan sejawat. Hasil penelitian ini (1) Ciri-ciri budaya tertib siswa dalam mengikuti pembelajaran ditunjukkan dengan memiliki ciri: tertib siswa sebelum mengikuti pembelajaran dikelas, tertib siswa dalam proses mengikuti pembelajaran dikelas, tertib siswa dalam mengikuti pembelajaran pada akhir pembelajaran dikelas, tertib siswa saat pembelajaran diluar kegiatan pembelajaran dikelas, tertib siswa pada akhir pembelajaran diluar kegiatan pembelajaran dikelas. (2) Ciri budaya tertib siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ditunjukkan dengan kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan, tertib dalam memilih jenis kegiatan, tertib dalam menggunakan perlengkapan kegiatan sebelum kegiatan ekstrakurikuler, dan kesadaran untuk melapor kepada guru bagi siswa yang datang terlambat atau siswa yang tidak datang dalam kegiatan ekstrakurikuler tanpa keterangan (alpha), saat melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler siswa pulang tanpa ijin (bolos), siswa tidak membawa peralatan atau perlengkapan kegiatan ekstrakurikuler. (3) Ciri budaya tertib siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan memiliki ciri: tertib dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah tertib tertugas menjaga kebersihan & ketertiban kelas, tertib menyusun rencana kebutuhan peralatan kebersihan di sekolah. tertib siswa dalam mengatur jadwal petugas kebersihan masing-masing kelas dengan cara menyusun pembagian tugas kebersihan, memiliki kesadaran tidak membuang sampah pada sembarangan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | budaya tertib, pembelajaran, ekstrakurikuler, kebersihan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Dec 2011 09:48 |
Last Modified: | 23 Dec 2011 09:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16294 |
Actions (login required)
View Item |