Pengelolaan Kualitas Pembelajaran di Madrasah (Studi Situs di MTs Negeri 1 Karanganyar)

Purwanta, Purwanta (2011) Pengelolaan Kualitas Pembelajaran di Madrasah (Studi Situs di MTs Negeri 1 Karanganyar). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Bagian_Awal__rev_.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perencanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah, 2) pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah, dan 3) evaluasi pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala dan guru MTs Negeri Karanganyar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi berperan, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model. Kesimpulan hasil penelitian adalah : (1) Perencanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di MTs Negeri Karanganyar bercirikan: ketersediaan silabus, penyusunan rencana program pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengacu pada silabus; perencanaan pengelolaan pembelajaran mengacu pada visi dan misi sekolah; adanya keterlibatan aktif guru dalam proses penyusunan program pengajaran; pembelajaran yang direncakan adalah pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan; pembuatan sumber belajar secara interaktif dan kontektual dengan menggunakan media pembelajaran atau alat peraga yang dimodifikasi; adanya pertimbangan alokasi waktu dengan teknik penilaian berbasis kelas. (2) Pelaksanaan pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah MTs Negeri Karanganyar melalui kegiatan– kegiatan (rutin, kegiatan spontan, kegiatan teladan maupun kegiatan terprogram) dapat dilaksanakan dengan strategi pembelajaran yang bervariasi. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan pendekatan terpadu dan kontekstual untuk memberikan pengalaman langsung sehingga perubahan perilaku siswa dapat teramati dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran di luar ruangan dilakukan dengan mengadakan kunjungan ke lapangan, berinteraksi dengan orang lain ternyata dapat membantu meningkatkan kompetensi siswa, karena dengan aktivitas tersebut siswa dihadapkan secara langsung pada kondisi yang sesungguhnya. (3) Evaluasi pengelolaan pembelajaran dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di madrasah MTs Negeri Karanganyar mencakup penilaian kognitif, sikap dan perilaku melalui tes, observasi, dengan teknik unjuk kerja, maupun dengan penugasan. Melalui kegiatan evaluasi memperlihatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi, perilaku siswa dalam keseharian dan sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, kualitas pembelajaran, madrasah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2011 09:19
Last Modified: 23 Dec 2011 09:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16291

Actions (login required)

View Item View Item