Hubungan Antara Kecemasan Terhadap Sempitnya Lapangan Pekerjaan dan Dukungan Sosial dengan Minat Berwiraswasta Pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara

Nurhayati, Dwi (2011) Hubungan Antara Kecemasan Terhadap Sempitnya Lapangan Pekerjaan dan Dukungan Sosial dengan Minat Berwiraswasta Pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cov_dwi.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
dwi_1rev.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
dwi_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
dwi_3new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
dwi_4revv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
dwi_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dwi_dpnew.pdf

Download (14kB)

Abstract

Sekolah kejuruan atau SMK seharusnya dapat mencetak tenaga terampil yang siap diterima di lapangan kerja dan di tengah krisis ekonomi dan sulitnya mencari pekerjaan, peluang untuk bekerja ternyata masih terbuka lebar. Bagi sekolah kejuruan yang mampu memberikan ketrampilan dan bersinergi dengan dunia usaha, akan mempermudah lulusannya menembus dunia kerja dengan berwiraswasta. Namun berdasarkan hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa hingga saat ini di antara siswa lulusan SMK tidak banyak yang berorientasi dan berniat untuk bekerja sendiri atau berwiraswasta dengan bekal ilmu pengetahuan yang telah diperoleh. Minat berwiraswasta pada individu dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain kecemasan terhadap sempitnya lapangan pekerjaan dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan terhadap sempitnya lapangan pekerjaan dan dukungan sosial dengan minat berwiraswasta. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan yang signifikan antara kecemasan terhadap sempitnya lapangan pekerjaan dan dukungan sosial dengan minat berwiraswasta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 kelas yang terdiri dari satu kelas untuk try out dan 6 kelas untuk penelitian dengan total subjek sebanyak 209 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecemasan terhadap sempitnya lapangan pekerjaan, dukungan sosial dan minat berwiraswasta, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi (R) = 0,479, Fregresi = 26,156; p < 0,01; rx1y = 0,258; p < 0,01; rx2y = 0,455; p < 0,01. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) ada hubungan yang sangat signifikan antara kecemasan terhadap sempitnya lapangan pekerjaan dan dukungan sosial dengan minat berwiraswasta; 2) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecemasan terhadap sempitnya lapangan pekerjaan dengan minat berwiraswasta; 3) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan minat berwiraswasta. hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima atau terbukti.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kecemasan terhadap sempitnya lapangan pekerjaan, dukungan sosial, minat berwiraswasta
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2011 09:06
Last Modified: 23 Dec 2011 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16289

Actions (login required)

View Item View Item