Peningkatan Kemampuan Menulis Fiksi Melalui Metode Membaca Apresiatif Cerita Pendek Pada Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011

Sumardi, Sumardi (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Fiksi Melalui Metode Membaca Apresiatif Cerita Pendek Pada Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan: (1) mendiskripsikan penerapan metode membaca apresiatif cerita pendek di kelas ; (2) untuk meningkatkan kemampuan menulis fiksi dengan metode membaca apresiatif cerita pendek di kelas. Penelitian yang digunakan berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian peserta didik kelas IXA. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, tes latihan penulisan fiksi, dan analisis dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis yang digunakan analisis deskripsi dan analisis interaktif. Bertitik tolak dari permasalahan, tujuan, dan metode penelitian di atas, penulis mengajukan hipotesis yaitu. penggunaan metode membaca apresiatif cerita pendek dapat meningkatkan kemampuan menulis fiksi pada peserta didik kelas IX A SMP Negeri 1 Sumberlawang, Kabupaten Sragen. Hasil penelitian kondisi awal peserta didik yang tuntas 6 anak dengan nilai 70. Siklus I dengan metode membaca apresiatif belum oftimal, kenaikan nilai 2,25 dari kondisi awal rata-rata 59,25 menjadi 61,50. Perbaikan dilakukan pada siklus II sebanyak 16 peserta didik tuntas nilai di atas 70, kenaikan menjadi 5,75 rata-rata kelas 67,25. Siklus III semua peserta didik tuntas sesuai kriteria yang ditetapkan 70 dengan kenaikan sebesar 6.13 rata-rata kelas 73,38. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya penggunaan metode membaca apresiatif cerita pendek dapat meningkatkan kemampuan menulis fiksi pada peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: membaca apresiatif, cerita fiksi/cerpen, menulis fiksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2011 05:54
Last Modified: 23 Dec 2011 05:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16285

Actions (login required)

View Item View Item