Peran Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Dan Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Di Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang

Kuswanti, Ari (2011) Peran Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Dan Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Di Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis dan menguji (1) pengaruh yang signifikan antara peran Supervisi Kepala Sekolah dengan mutu pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Ngluwar; (2) pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru dengan mutu pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Ngluwar; (3) pengaruh yang signifikan antara sarana dan prasarana dengan mutu pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Ngluwar; dan (4) pengaruh yang signifikan antara peran Supervisi Kepala Sekolah, kompetensi guru, dan sarana prasarana dengan mutu pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Ngluwar. Penelitian deskriptif korelasional dapat digunakan untuk memastikan kuat lemahnya hubungan variasi yang disebabkan oleh satu variabel dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru guru SD di Kecamatan Ngluwar, yang berjumlah 236 orang dan sampel sebanyak 142 responden menggunakan proportional rendom sampling. Dalam penelitian ini alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda dengan uji prasyarat analisis ada yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat konstribusi yang signifikan antara peran supervisi kepala sekolah, kompetensi guru dan sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran, hal ini ditunjukkan nilai p = 0,000 < 0,05; (2) terdapat konstribusi yang signifikan antara supervisi kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan nilai p = 0,000 < 0,05, dengan besarnya sumbangan efektif sebesar 14,38%; (3) terdapat konstribusi yang signifikan antara kompetensi guru terhadap mutu pembelajaran pada SD Negeri, hal ini ditunjukkan dengan nilai p = 0,000 < 0,05, dengan besarnya sumbangan efektif sebesar 14,49%; dan (4) terdapat konstribusi yang signifikan antara sarana dan prasarana terhadap mutu pembelajaran pada SD Negeri Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang, hal ini ditunjukkan dengan nilai p = 0,014 < 0,05, dengan besarnya sumbangan efektif sebesar 11,75%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Kompetensi Guru, Sarana Prasarana, Mutu Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2011 04:43
Last Modified: 23 Dec 2011 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16282

Actions (login required)

View Item View Item