Pengelolaan Pembelajaran di SD Negeri 3 Sragen Tahun 2011

MARDIYAH, MARDIYAH (2011) Pengelolaan Pembelajaran di SD Negeri 3 Sragen Tahun 2011. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengelolaan perencanaan pembelajaran di SD Negeri 3 Sragen, (2) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri 3 Sragen, (3) pengelolaan pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SD Negeri 3 Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menerapkan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi di SD Negeri 3 Sragen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), confirmability (obyektivitas). Hasil dari penelitian ini adalah sebelum melaksanakan pembelajaran guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai silabus. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran meliputi: identitas, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pokok, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, alat dan sumber bahan, alat peraga, alokasi waktu dan penilaian. Pembelajaran di kelas di dipengaruhi tata ruang terutama pengaturan tempat duduk dan kondisi ruang yang bersih dan rapi. Langkah-langkah kegiatan pebelajaran yang dilaksanakan guru yaitu: kegiatan awal (pendahuluan); kegiatan inti: eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi; serta yang terakhir kegiatan penutup. Metode yang digunakan bervariasi disesuaikan dengan materi dan media yang digunakan. Proses pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik agar berpartisipasi aktif dalam pembelajaran atau pembelajaran aktif kreatif dan menyenangkan. Media, sarana prasarana pembelajaran yang dimiliki cukup lengkap untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan guru SD Negeri 3 Sragen terdiri dari pre test atau evaluasi awal, evaluasi ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, dan post test atau evaluasi akhir. Teknik evaluasi yang digunakan adalah test dan non-test. Bentuk evaluasi yang digunakan adalah test dengan pilihan ganda, isian, dan essay (uraian), dan non-test dengan angket. Fungsi evaluasi yang dilaksanakan sebagai feed back atau umpan balik, dan untuk mengukur sejauh mana siswa dapat menerima materi yang sudah disampaikan. Tindak lanjut yang dilaksanakan berupa remidi diberikan pada siwa yang nilainya tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, pengayaan diberikan pada siswa yang nilainya sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Dec 2011 08:49
Last Modified: 22 Dec 2011 08:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16259

Actions (login required)

View Item View Item