MURTANTO, TRI (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam Melalui Penerapan Media Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sroyo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
SAMPUL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (357kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media lingkungan sekitar dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sroyo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, dengan jumlah 32 siswa (15 putra dan 17 putri) dan guru kelas V. Sumber data yang digunakan yaitu: sumber data pokok (primer) yaitu siswa, guru dan Kepala Sekolah. Sumber data sekunder meliputi arsip/dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar, dan foto.Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumen. Tes diberikan pada awal penelitian untuk mengidentifikasi kekurangan atau kelemahan siswa dalam pembelajaran kenampakan alam. Selain itu tes ini dilakukan disetiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan mutu siswa. Dengan kata lain tes disusun dan dilakukan untuk mengetahui hasil belajar IPS pada materi kenampakan alam melalui penerapan media lingkungan sekitar. Adapun validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sroyo Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/ 2012 dari pra siklus sebesar 48%, siklus I sebesar 63%, dan siklus II sebesar 80%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media lingkungan sekitar, hasil belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2011 06:08 |
Last Modified: | 20 Dec 2011 06:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16173 |
Actions (login required)
View Item |