Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD N ! Pandean Tahun Pelajaran 2010/2011

SUMARSIH, SUMARSIH (2011) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD N ! Pandean Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1 )
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Ilmu pengetahuan alam (IPA) sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia tidak dapat terlepas dari alam, karena manusia dalam memenuhi kebutuhannya bersumber dari alam. Oleh karena itu perlu adanya upaya menggali sumber daya alam yang terbentang luas di alam raya ini. Dalam menggali sumber daya alam dapat di lakukan melalui percobaan-percobaan, dengan melatih anak sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA. 2). Untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. 3). Untuk meningkatkan hasil belajajar IPA kelas V SD N I Pandean, Ngemplak,Boyolali dengan menggungakan pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap Perencanaan, pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Reflrksi. Siklus dihentikan jika konsentrasi hasil belajar telah mencapai 85 % dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N I Pandean, Ngemplak, Boyolali yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsesvasi, dokumentrasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptip kwalitatip yang meliputi reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar secara klasikal. Nilai rata-rata kelas yang semula 64 pada pra tindakan menjadi 69 pada siklus I peningkatan dari siklus I ke siklus II meningkat dari 69 menjadi 74. Adapun peningkatan dari siklus II ke siklus III dari 74 menjadi 77. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan dengan penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD N I Pandean,Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2010/2011. Kata kunci: pembelajaran kontekstual, IPA,hasil belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, IPA,hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 19 Dec 2011 10:33
Last Modified: 19 Dec 2011 10:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16162

Actions (login required)

View Item View Item