Pengaruh Lingkungan Pergaulan Remaja dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa SMA Kelas XI IPS SMA Negeri I Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011

Sulistyowati, Lusiana (2011) Pengaruh Lingkungan Pergaulan Remaja dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa SMA Kelas XI IPS SMA Negeri I Kradenan Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
4.__BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kradenan; 2) Pengaruh perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kradenan; 3) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kradenan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kradenan yakni 73 siswa. Teknik yang digunakan yakni teknik populasi. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 21,883 + 0,977X1 + 0,381X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan remaja dan perhatian orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan pergaulan remaja terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kradenan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,928 > 1,994 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 24,42%; 2) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kradenan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,399 > 1,994 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,019, dengan sumbangan efektif sebesar 12,58%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan pergaulan remaja dan perhatian orang tua. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 20,559 > 3,128 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,370. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,370 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara lingkungan pergaulan remaja dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 37%, sedangkan 63% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011 - 40
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Pergaulan Remaja, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Dec 2011 04:09
Last Modified: 10 Jan 2012 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item View Item