Implementasi Customer Relation dalam Reformasi Birokrasi (Studi Deskriptif Implementasi Customer Relations Sebagai Fungsi Public Relations Badan Pertanahan Nasional Pati Dalam Menjalankan Standart Reformasi Pelayanan Sertifikat Tanah)

Mukti, Arif Dwi Wibowo (2011) Implementasi Customer Relation dalam Reformasi Birokrasi (Studi Deskriptif Implementasi Customer Relations Sebagai Fungsi Public Relations Badan Pertanahan Nasional Pati Dalam Menjalankan Standart Reformasi Pelayanan Sertifikat Tanah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi customer relations BPN Kabupaten Pati dalam menjalankan standart reformasi pelayanan sertifikat tanah. Citra Birokrasi Pemerintah di Indonesia saat ini dinilai kurang professional oleh sebagian masyarakat. Kurang transparansinya kinerja yang menyebabkan masyarakat merasa enggan untuk berurusan dengan birokrasi pemerintah. Oleh sebab itu Instansi BPN Kab.Pati yang merupakan birokrasi pemerintah, berusaha membentuk citra positif dengan melakukan kegiatan customer relations melalui staff Public Relations (PR). Customer relations adalah suatu hubungan komunikatif yang terdiri atas serangkaian proses dua belah pihak yang berlangsung dalam kurun waktu tertentu. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian, sedangkan pemaparannya menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan pengumpulan dan penyusunan data yang diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi dengan meliputi analisis dan interpretasi data-data tersebut tanpa bermaksud membanding-bandingkan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa untuk memperbaiki citra birokrasi pemerintah saat ini, diperlukan suatu hubungan yang lebih komunikatif dan terbuka dari penyedia jasa layanan terhadap pengguna jasa. BPN Kab.Pati melalui staff public relations, berusaha untuk lebih mendekatkan diri dan memahami keinginan para klien. Mulai dari membenahi kepribadian staff; perbaikan pelayanan di loket maupun pelayanan mobile; menyediakan leaflet informasi; melakukan survey lapangan tentang kepuasan klien; menampung setiap kritik, saran dan berusaha mencari solusinya. Diharapkan setelah melakukan kegiatan customer relations, tidak ada lagi jarak antara BPN Kab.Pati dengan kliennya. Sehingga masyarakat tidak akan enggan lagi berurusan dengan birokrasi pemerintah dan pelayanan dapat berjalan lancar seperti tepat waktu, tepat biaya, tepat sasaran dan tepat orangnya dapat terwujud.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK L100/2011 - 15
Uncontrolled Keywords: Citra Birokrasi Pemerintah, Public Relations, Customer Relations
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Dec 2011 05:53
Last Modified: 18 Jan 2012 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16148

Actions (login required)

View Item View Item