NAFIAH, UMI (2011) Hubungan Persepsi Pasien tentang Penyajian Makanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (352kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB__I.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
Abstract
Pelayanan gizi di ruang rawat inap merupakan salah satu bagian penting dari perawatan pasien. Asuhan nutrisi (nutrititional care) di ketahui sebagai salah satu hal penting untuk kesembuhan pasien.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang penyajian makanan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang bersifat deskriptif analitik karena peneliti tidak memberikan perlakuan kepada subyek penelitian. Populasi pada penelitian ini yang diambil adalah pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta, sedangkan sampel penelitian adalah 39 pasien rawat inap di kelas III di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Hasil uji menunjukkan bahwa persepsi pasien tentang penyajian makanan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD Dr. Moewardi Surakarta (p= 0,000). Penyajian makan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta menurut persepsi pasien termasuk kategori cukup baik (53,8%). Kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta termasuk kategori cukup puas (56,4%). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi pasien tentang penyajian makanan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien. Pelayanan gizi rumah sakit terhadap pasien rawat inap berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar semakin meningkatkan dan memperbaiki penyajian makanan pada pasien rawat inap khususnya pada warna lauk hewani, kerenyahan makanan, ketepatan penyajian serta kesabaran petugas untuk meningkatkan kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penyajian makanan, kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Dec 2011 10:14 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16067 |
Actions (login required)
View Item |