Hubungan Pengetahuan Gizi Dan Jumlah Uang Saku Dengan Perilaku Siswa Dalam Memilih Makanan Jajanan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta

NAJIHAH, UMMI (2011) Hubungan Pengetahuan Gizi Dan Jumlah Uang Saku Dengan Perilaku Siswa Dalam Memilih Makanan Jajanan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (814kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)

Abstract

Latar Belakang : Makanan jajanan sekolah merupakan masalah yang perlu menjadi perhatian masyarakat, khususnya orang tua, dan pengelola sekolah. Makanan jajanan sekolah sangat berisiko terhadap pencemaran biologis atau kimiawi yang banyak mengganggu kesehatan. Faktor pengetahuan, uang saku, merupakan faktor pendukung siswa melakukan konsumsi, memilih makanan jajanan. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi dan jumlah uang saku dengan perilaku dalam memilih makanan jajanan pada siswa SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta. Metode : Jenis dari penelitian ini menggunakan jenis crossectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 54 siswa. Data penelitian diperoleh dari kuesioner pengetahuan, jumlah saku dan perilaku memilih makanan jajanan. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil : Sebagian besar responden memiliki pengetahuan baik (53,7%). sebagian besar responden mendapat uang saku adalah kategori banyak (55,6%), sebagian besar responden memiliki perilaku tidak baik yaitu 51,9%. Hasil uji statistik hubungan antara pengetahuan gizi dengan perilaku siswa dalam memilih makanan jajanan diperoleh nilai r= 0,416 dengan p = 0,002 (p<0,05), sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara pengetahuan gizi dengan perilaku siswa dalam memilih makanan jajanan. Hasil uji hubungan antara uang saku dengan perilaku siswa diperoleh nilai r= -,064 dengan signifikansi p = 0,644 (p>0,05), sehingga dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara uang saku dengan perilaku siswa dalam memilih makanan jajanan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta. Saran Penelitian : Perlu adanya pendidikan gizi di sekolah, guna meningkatkan pengetahuan gizi baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Gizi Uang Saku Perilaku Makanan Jajanan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Dec 2011 10:04
Last Modified: 14 Sep 2022 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16064

Actions (login required)

View Item View Item