MAWADDAH, MAWADDAH (2011) Perbedaan braingym dan cone exercise terhadap keseimbangan pada anak usia dini 4 – 6 tahun. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
MAWADDAH_Halaman_Depan.pdf Download (421kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
MAWADDAH_BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
MAWADDAH_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
||
PDF (Bab III)
MAWADDAH_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab IV)
MAWADDAH_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
PDF (Bab V)
MAWADDAH_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab VI)
MAWADDAH_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
MAWADDAH_Daftar_Pustaka.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
MAWADDAH_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Masa anak-anak merupakan masa yang menyenangkan dan menggembirakan. Berbagai aktivitas dan kreativitas berkembang sesuai tingkat usia anak. Pengaturan keseimbangan tubuh diperlukan anak untuk melakukan aktifitas yang lebih sulit dan kompleks seperti melompat, berdiri diatas satu kaki atau berjalan dititian. Akibat dari ketidakseimbangan pada anak adalah kesulitan dalam mengatur dan mengontrol gerakan anggota tubuh sehingga terkesan gerakannya ragu-ragu dan tampak canggung, hal ini disebabkan karena keseimbangan tubuh anak masih belum sempurna saat aktivitas. Salah satu upaya untuk meningkatkan keseimbangan adalah dengan Braingym dan Cone Exercise. Tujuan Penelitian: Mengetahui Pengaruh Braingym Terhadap Keseimbangan pada Anak Usia Dini 4 – 6 tahun, mengetahui Pengaruh Cone Exercise Terhadap Keseimbangan pada Anak Usia Dini 4 – 6 tahun, dan mengetahui Perbedaan Braingym dan Cone Exercise Terhadap Keseimbangan pada Anak Usia Dini 4 – 6 tahun. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada anak usia dini 4 – 6 tahun sebagai kelompok Braingym dan kelompok Cone Exercise dengan pengambilan sampel 19 anak pada masing masing kelompok. Pengukuran keseimbangan dengan menggunakan Clinical Test Of Sensory Interaction and Balance (CTSIB). Teknik pengambilan data dilakukan dengan desain penelitian pre – post test dengan analisis data mengunakan uji t-test. Hasil Penelitian: 2 minggu pemberian Braingym dan Cone Exercise terhadap keseimbangan sebelum dan sesudah didapatkan hasil yang signifikan. Hasil uji beda pengaruh antara Braingym dan Cone Exercise diperoleh p-value 0,001, sehingga didapatkan adanya beda pengaruh antara pemberian Braingym dan Cone Exercise. Kesimpulan: Pemberian Braingym terhadap keseimbangan memberikan pengaruh positif yang signifikan daripada Cone Exercise.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Braingym, Cone Exercise, Anak Usia Dini |
Subjects: | R Medicine > RB Pathology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4 |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 14 Dec 2011 09:56 |
Last Modified: | 14 Dec 2011 10:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16062 |
Actions (login required)
View Item |