Penatalaksanaan propioceptive neuromuscular facilitation (pnf) pada kondisi stroke non haemoragik pada stadium recovery di rsup dr. sardjito yogyakarta

HARTATI, PUTRI (2011) Penatalaksanaan propioceptive neuromuscular facilitation (pnf) pada kondisi stroke non haemoragik pada stadium recovery di rsup dr. sardjito yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

Latar belakang: Stroke adalah salah satu penyakit kardiovaskuler yang berpengaruh terhadap arteri utama menuju dan berada di otak, stroke terjadi ketika pembuluh darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi menuju otak pecah atau terblokir oleh bekuan sehingga otak tidak mendapat darah yang dibutuhkannya. Tujuan: Fisioterapi pada stroke non haemoragik stadium recovery meliputi Tujuan jangka pendek yaitu : mengurangi spastisitas pada tungkai kiri, meningkatkan kekuatan AGA dan AGB kiri, meningkatkan keseimbangan dalam posisi duduk serta tujuan jangka panjang yaitu : melanjutkan jangka pendek dan meningkatkan kemampuan fungsional pasien. Metode: Studi kasus dilakukan dengan modalitas terapi latihan berupa Propioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) selama 6 x terapi. Hasil: Pemeriksaan spastisitas dengan skala asworth, kekuatan otot dengan MMT,Kemampuan Fungsional dengan MMAS dan keseimbangan duduk dengan Sitting Balance Test adalah sebagai berikut:dimana pada T1 didapatkan nilai 0 dan pada akhir terapi T6 didapatkan nilai 0. T1 shoulder kiri dengan nilai 2+,elbow kiri dengan nilai 2+, wrist kiri dengan nilai 2+, hip kiri dengan nilai 2+, knee kiri dengan nilai 2+, ankle kiri dengan nilai 2+. Pada akhir evaluasi T6 shoulder kiri dengan nilai 2+,elbow kiri dengan nilai 2+, wrist kiri dengan nilai 2+, hip kiri dengan nilai 2+, knee kiri dengan nilai 2+, ankle kiri dengan nilai 2+.T1 terlentang ke miring pada sisi sehat dengan nilai 1, Telentang ke duduk di samping bed dengan nilai 1, Keseimbangan duduk dengan nilai 3, Duduk ke berdiri dengan nilai 1, Berjalan dengan nilai 1. Pada akhir evaluasi T6 terlentang ke miring pada sisi sehat dengan nilai 1, Telentang ke duduk di samping bed dengan nilai 1, Keseimbangan duduk dengan nilai 3, Duduk ke berdiri dengan nilai 1, Berjalan dengan nilai 1.T1 keseimbangan duduk dengan nilai 2. Pada akhir evaluasi T6 keseimbangan duduk dengan nilai 3. Dalam membantu menurunkan spastisitas pada anggota gerak kiri dan meningkatkan kekuatan otot di berikan modalitas fisioterapi terapi latihan dengan metode Propioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF),dan dalam meningkatkan keseimbangan duduk di berikan latihan keseimbangan. Dan pada akhir terapi di dapatkan hasil berupa tidak adanya penurunan spastisitas, tidak adanya peningkatan kekuatan otot, adanya sedikit peningkatan kemampuan fungsional dan adanya peningkatan keseimbangan duduk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J100/2011 - 20
Uncontrolled Keywords: Stroke, metode Propioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF),Skala Asworth, Manual Muscle Testing (MMT), Modified Motor Assessment Scale (MMAS), Sitting Balance Test.
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Jan 2012 09:13
Last Modified: 16 Jan 2012 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item View Item