Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang MP-ASI dengan Pengetahuan Tentang Informasi Pada Kemasan Produk MP-ASI Pabrikan di Desa Jetis Baki Sukoharjo

PURWANI, WIWIN (2011) Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang MP-ASI dengan Pengetahuan Tentang Informasi Pada Kemasan Produk MP-ASI Pabrikan di Desa Jetis Baki Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

Pendahuluan. Bayi berusia 6 bulan mulai menunjukkan kesiapan untuk menerima makanan, karena lambung bayi sudah mulai siap mencerna makanan padat (Roesli, 2001). Hasil survei pendahuluan yang dilakukan diketahui bahwa ibu yang mempunyai bayi sebanyak 80% kurang memperhatikan informasi yang tertera pada produk kemasan MP-ASI pabrikan dan sebanyak 7 (0,01%) bayi usia 6-12 bulan mengalami gizi kurang. Kasus ini terdapat di Dukuh Kragilan, Krangganan, dan Jetis. Tujuan penelitian. Mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang MP-ASI dengan pengetahuan tentang informasi pada kemasan produk MP-ASI pabrikan di Desa Jetis Baki Sukoharjo. Metode. Penelitian bersifat observasional, dengan pendekatan cross sectional. Analisis data menggunakan uji statistik Rank Spearman. Hasil. Data berdistribusi tidak normal (0,030) dan normal (0,120). Hasil uji Rank Spearman p = 0,122 yang berarti Ho diterima dengan nilai p = > 0,05. Kesimpulan. Data pengetahuan ibu tentang MP-ASI diketahui bahwa 30 responden yang berpengetahuan baik hanya 83,3% orang, berpengetahuan sedang sebanyak 3,3% orang dan berpengetahuan kurang baik 13,3% orang, sedangkan data tentang pengetahuan tentang informasi pada kemasan produk MP-ASI pabrikan sebanyak 60,0% dikategorikan baik, 33,3% dikategorikan sedang dan 6,7% dikategorikan kurang baik. Tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang MP-ASI dengan pengetahuan tentang informasi pada kemasan produk MP-ASI bayi di Desa Jetis Baki Sukoharjo dengan nilai p = 0,122 (p = �0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 35
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, informasi, ibu, MP-ASI, bayi (6-12 bulan)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2011 09:12
Last Modified: 14 Sep 2022 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16055

Actions (login required)

View Item View Item