IBRAHIM, ARIEF (2007) Hubungan Antara Persepsi Konsumen Terhadap Citra Mall dengan Minat Berkunjung. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (102kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I_Baru.pdf Download (314kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II_Baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III_Baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV_Baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V_Baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
Abstract
Minat untuk berkunjung merupakan suatu tahapan dalam proses yang menimbulkan perilaku pada konsumen. Konsumen akan menggunakan atau menampakan perhatian, perasaan dan sikap positif terlebih dahulu terhadap tempat yang akan dikujunginya, dengan kata lain konsumen akan mempersepsikan dahulu tempat yang akan dikunjunginya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi konsumen terhadap citra mall dengan minat berkunjung. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara persepsi konsumen terhadap citra mall dengan minat berkunjung. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Trade Centre Solo Grand Mall sejumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini incidental non random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala persepsi konsumen terhadap citra mall dan skala minat berkunjung. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment diperoleh nilai r = 0,513 dengan p < 0,01 yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi konsumen terhadap citra mall dengan minat berkunjung. Hal ini berarti semakin positif atau baik persepsi konsumen terhadap citra mall maka semakin tinggi minat berkunjung. Sumbangan efektif persepsi konsumen terhadap citra mall terhadap minat berkunjung sebesar 26,6% (r2 = 0,266) yang berarti masih terdapat 73,4% faktor-faktor lain yang mempengaruhi minat berkunjung di luar variabel persepsi konsumen terhadap citra mall seperti kepuasan, motivasi, jenis kelamin, interaksi sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap citra mall pada subjek penelitian tergolong tinggi, dengan rerata empirik sebesar 86,63 dan rerata hipotetik sebesar 67,5. Minat berkunjung pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik sebesar 85,63 dengan rerata hipotetik sebesar 77,5. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi konsumen terhadap citra mall dengan minat berkunjung. Hal ini berarti variabel persepsi konsumen terhadap citra mall dengan segala aspek yang terkandung di dalamnya dapat digunakan sebagai prediktor untuk mengukur minat berkunjung. Artinya, semakin positif atau baik persepsi konsumen terhadap citra mall maka semakin tinggi minat berkunjung.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Mall dan Minat Berkunjung |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 13 Dec 2011 04:14 |
Last Modified: | 02 May 2012 13:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15972 |
Actions (login required)
View Item |