Keadaan Kecerdasan Emosional pada Siswa SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo Ditinjau dari Jenis Kelamin

DIAHRIYANTI, FITRI (2011) Keadaan Kecerdasan Emosional pada Siswa SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo Ditinjau dari Jenis Kelamin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Menurut Goleman (2001) Jenis kelamin merupakan faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional. Tidak ada perbedaan antara kemampuan pria dan wanita dalam meningkatkan kecerdasan emosinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan kecerdasan emosional yang ada pada siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo serta mengetahui tingkatan kecerdasan emosinya. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada perbedaan kecerdasan emosional antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan jenis kelamin menjadi variabel tergantung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI,XII SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo yang berjumlah 132 siswa. Dalam pengumpulan data digunakan metode skala yaitu skala kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari aspek-aspek mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati), dan membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Validitas alat ukur dalam penelitian ini menggunakan product moment. Reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan koefisien alpha cronbach. Hasil uji coba yang diperoleh dengan menggunakan bantuan program SPSS 16 for windows menunjukkan reliabilitas skala kecerdasan emosional sebesar 0,625 dengan validitas bergerak dari 0,176 sampai dengan 0,452. Data diolah dengan menggunakan perhitungan statistic independent sampel t-test. Diperoleh skor t-test (t= - 1,564, p= 0,120) dengan mengacu pada nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05 maka hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak yang berarti bahwa tidak ada perbedaan kecerdasan emosional pada siswa laki-laki dan perempuan di SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo. Hasil tambahan diperoleh bahwa kecerdasan emosi yang ada pada siswa SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo tergolong tinggi. Hal ini membuktikan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMP Angkasa Lanud Adi Soemarmo sama-sama dapat mengenali emosi dirinya dan mengelola emosinya dengan baik, selain itu dapat memotivasi dirinya, mengenali emosi orang lain serta dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK F100/2011 - 49
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosi, Jenis Kelamin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2011 05:43
Last Modified: 16 Jan 2012 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item View Item