Evaluasi dan Perencanaan Perbaikan Produktivitas dengan Menggunakan Metode Objective Matrix IOMAX( dan Triz di PT. Globalindo Intimates ( Jl. Solo – Jogja, Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten)

ISRON, AKHMAD (2011) Evaluasi dan Perencanaan Perbaikan Produktivitas dengan Menggunakan Metode Objective Matrix IOMAX( dan Triz di PT. Globalindo Intimates ( Jl. Solo – Jogja, Ngaran, Mlese, Ceper, Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Awal.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)

Abstract

Produktivitas merupakan hal yang sangat mempengaruhi kemajuan dan kemunduran dari perusahaan. Meningkatnya produktivitas berati meningkat pula kesejahteraan dan mutu dari perusahaan. PT. Globalindo Intimates adalah sebuah perusahaan garmen. Mutu dan tingkat produktivitas dari perusahaan harus selalu terjaga agar dapat bertahan dalam persaingan industri yang semakin ketat. Penelitian dilakukan pada unit produksi untuk mengetahui tingkat produktivitas perusahaan dan memberikan perencanaan perbaikan untuk peningkatan produktivitas. Penggunaan metode OMAX sebagai alat untuk mengukur produktivitas perusahaan, dengan kelebihan penggunaan yang mudah dan sederhana, flexible, objektif, mekanisme dan prosedur perhitungan yang lebih jelas. Metode TRIZ sebagai analisa perbaikan terhadap penyebab turunnya produktivitas yang dapat mengangkat level solusi sederhana menjadi solusi yang lebih baik. Dari hasil pengukuran dengan metode OMAX diketahui bahwa tingkat produktivitas perusahaan yang paling tinggi terjadi pada periode 0 dengan nilai 300, dan adanya laju penurunan setelahnya. Produktivitas paling rendah terjadi pada periode II dengan nilai 83.56. Perencanaan usulan perbaikan dengan metode TRIZ adalah menggunakan alat elektronik seperti cctv untuk mempermudah pengawasan kerja, melakukan perawatan mesin secara teratur untuk menjaga kondisi mesin, melaksanakan sistem kerja secara berkelanjutan dan meminimalkan waktu menganggur, menempatkan barang pada area khusus untuk menghindari penumpukan barang yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D600/2011 - 14
Uncontrolled Keywords: Produktivitas,Objective Matrix (OMAX), TRIZ
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Dec 2011 10:02
Last Modified: 13 Jan 2012 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15883

Actions (login required)

View Item View Item