Studi Bahan Velg Aluminium yang di Quenching 520 °C Terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dari Merk yang Berbeda

RIYADI, WAHYU TRI SUGENG (2011) Studi Bahan Velg Aluminium yang di Quenching 520 °C Terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dari Merk yang Berbeda. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf

Download (664kB)
[img] PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Bab IV)
06.BAB_lV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.Daftar_Pustaka.pdf

Download (563kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.lampiran_Spesimen.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perlakuan panas (heat treatment) terhadap sifat fisis dan mekanis pada velg aluminium paduan AlSiCu. Bahan velg yang diuji pada penelitian ini adalah aluminium yang diperoleh dengan cara pengecoran. Setelah itu dilakukan pembuatan spesimen standar JIS Z 2201 dan 2202 (1981). Perlakuan panas (heat treatment) dilakukan dalam dua tahap yaitu: Solution Treatment pada suhu 520°C ditahan selama 1 jam, pendinginan dengan menggunakan media air. Untuk mengetahui sifat fisis dan mekanis bahan uji dilakukan beberapa pengujian meliputi : uji komposisi kimia, uji struktur mikro, uji kekerasan, uji tarik, dan uji impact. Hasil pengujian benda uji yang telah di heat treatment dibandingkan dengan hasil pengujian raw material. Didapatkan hasil komposisi kimia golongan paduan AlSiCu. Pada uji struktur mikro material yang sudah mengalami heat treatment terlihat homogen, unsur Cu menyebar merata pada aluminium. Pada uji kekerasan diperoleh harga kekerasan rata-rata tertinggi saat heat treatment adalah velg merk Sprint 59,10 Kg/mm² dan harga kekerasan rata-rata terendah saat raw material adalah velg merk YIMM (Mio) 40,87 Kg/mm². Pada uji tarik tegangan maksimal rata-rata tertinggi raw material pada velg merk YIMM (Mio) yaitu 222,12 kg/mm² dan tegangan maksimal ratarata tertinggi heat treatment pada velg merk V.Rossi 72,31 kg/mm². Harga tegangan maksimal rata-rata terendah raw material pada velg merk V.Rossi yaitu 138,99 kg/mm² dan tegangan maksimal rata-rata terendah heat treatment pada velg merk Sprint 62,35 kg/mm². Pada uji impact diperoleh harga keuletan rata-rata pada ketiga merk velg diatas relatif berbeda-beda, Akan tetapi nilai impact pada merk YIMM (Mio) dan V.Rossi yaitu 0,068 J/mm² dan 0,604 J/mm², setelah di heat treatment harga keuletan rataratanya lebih tinggi daripada harga keuletan rata-rata saat raw material, harga keuletan rata-rata terendah pada velg merk Sprint yaitu 0,114 J/mm² pada saat raw material dan 0,113 J/mm² pada saat heat treatment, dikarenakan merk velg jenis Sprint mempunyai harga keuletan yang relatif rendah. Sehingga velg merk Sprint tidak mengalami fenomena transisi liat-getas setelah dilakukan heat treatment.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aluminium, Heat Treatment, Sifat Fisis dan mekanis
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Dec 2011 04:48
Last Modified: 07 Dec 2011 04:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15841

Actions (login required)

View Item View Item