Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah (Studi Kasus di Bank BTN Syariah Cabang Surakarta)

ARIYANTI, ARIYANTI (2011) Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah (Studi Kasus di Bank BTN Syariah Cabang Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (728kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dengan menggunakan data primer, mengenai Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah ( Studi Kasus di Bank BTN Syariah Cabang Surakarta). Sampel yang digunakan adalah nasabah Bank BTN Syariah Cabang Surakarta yang bertransaksi di bank BTN Syariah, dengan teknik conviniance sampling. Kuesioner yang kembali sebanyak 50 kuesioner dan yang bisa diolah sebanyak 41 kuesioner. Metode pengujian instrumen pada uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson, sedangkan reliabilitasnya diuji dengan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda yang mencakup Uji t, Uji F dan Uji R2. Semua data yang diperoleh, diolah dengan program SPSS for windows versi 17.0 yang terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik yaitu Uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Dalam uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan dalam kuesioner untuk variabel independen dan dependen adalah valid dan reliabel. Adapun uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan hasil uji asumsi klasik yang lain menunjukkan bahwa untuk seluruh variabel terbebas dari multikolinearitas dan heteroskesdastisitas. Model regresi yang dihasilkan baik dan tidak bias. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel profesionalitas pelayanan dan perilaku karyawan bank, tingkat bagi hasil, variasi produk bank, letak bank yang strategis, tingkat keamanan, tingkat pengetahuan nasabah tentang bank syariah, persepsi tentang bunga bank yang bertentangan dengan agama tidak berpengaruh terhadap minat nasabah, sedangkan untuk variabel motif keuntungan berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi di bank syariah. Dimana nilai signifikan t untuk variabel profesionalitas pelayanan dan perilaku karyawan bank sebesar 0,965 (p>0,05) dengan t hitung sebesar 0,044, variabel tingkat bagi hasil sebesar 0,054 (p>0,05) dengan t hitung sebesar 1,997, variabel variasi produk bank sebesar 0,581 (p>0,05) dengan t hitung sebesar -0,557, variabel letak bank yang strategis sebesar 0,265 (p>0,05) dengan t hitung sebesar -1,135, variabel tingkat keamanan sebesar 0,469 (p>0,05) dengan t hitung -0,733, variabel tingkat pengetahuan nasabah tentang bank syariah sebesar 0,803 (p>0,05) dengan t hitung 0,251, variabel persepsi tentang bunga bank yang bertentangan dengan agama sebesar 0,164(p>0,05) dengan t hitung 1,423, sedangkan variabel motif keuntungan sebesar 0,030 (p<0,05) dengan t hitung 2,278.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: profesionalitas pelayanan, bagi hasil, variasi produk, letak bank, keamanan, pengetahuan nasabah, persepsi bunga, keuntungan, minat nasabah.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 08:44
Last Modified: 05 Dec 2011 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15767

Actions (login required)

View Item View Item