Penerapan Strategi Pembelajaran STAD (Student Achievement Division) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (PTK di SMP Negeri 3 Polokarto Tahun Ajaran 2010 / 2011)

PURWANINGSIH, NANIK (2011) Penerapan Strategi Pembelajaran STAD (Student Achievement Division) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (PTK di SMP Negeri 3 Polokarto Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep pada pokok bahasan bilangan bulat dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif STAD ( Student Team Achievment Division ). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan design PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Polokarto yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep pada pokok bahasan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa mendefinisikan konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 26,31%, dan setelah dilakukan tindakan mencapai 76,31%, 2) kemampuan siswa mengekspresikan konsep tersebut termasuk contoh atau bukan contoh sebelum diadakan tindakan sebesar 18,42% dan setelah dilakukan tindakan mencapai 71,05%, 3) kemampuan siswa memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep sebelum diadakan tindakan sebesar15,78% dan setelah dilakukan tindakan mencapai 68,42%, 4) kemampuan mengenal kembali konsep tersebut dalam berbagai situasi sebelum diadakan tindakan sebesar 13,15% dan setelah dilakukan tindakan mencapai 73,68%, 5) kemampuan menggunakan konsep tersebut untuk menyelesaikan persoalan sebelum diadakan tindakan sebesar 10,52% dan setelah dilakukan tindakan mencapai 65,78%. Dari hasil penelitian tersebut mendukung hipotesis :” Jika dalam pembelajaran matematika guru telah melakukan cara-cara peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa yaitu melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Team Achievment Division ) maka kemampuan pemahaman konsep siswa akan meningkat”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, pemahaman konsep,STAD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Dec 2011 04:40
Last Modified: 05 Dec 2011 04:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15754

Actions (login required)

View Item View Item