Bakti, Budi Wira (2011) Penerapam Metode Problem Posing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Hasil Belajar Siswa di SMP Al Islam I Surakarta Kelas VIII (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (438kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran problem posing, 2) meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan, 3) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode pembelajaran problem posing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari: (a) siswa yang mau bertanya tentang materi kepada guru sebelum tindakan 23,6% dan setelah tindakan 76,31%, (b) siswa yang mau mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 13,1% dan setelah tindakan 71,05%, (c) siswa yang mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan sebesar 18,4% dan setelah tindakan 84,21%, (d) siswa yang mandiri dalam mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 26,3% dan setelah tindakan 65,78. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebesar 47,36%, sesudah tindakan naik menjadi 89,47%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran problem posing mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga berdampak pada peningkatan prestasi hasil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem posing, motivasi, pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Dec 2011 04:19 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 03:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15753 |
Actions (login required)
View Item |