HARIYANTI, ERLYNA JULI (2011) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui PEndekatan Aptitide Treatment Interaction (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2_Halaman_Depan.pdf Download (686kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3_BAB_1.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Lampiran)
9_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa melalui pendekatan aptitude treadtment interaction. (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan aptitude treatment interaction. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi belajar matematika dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian (1) peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat melalui meningkatnya indikator motivasi belajar meliputi: a) menjawab pertanyaan, sebelum tindakan (16,67%), putaran I (19,44%), putaran II (33,33%), dan putaran III (55,56%). b) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebelum putaran (25%), putaran I (33,33%), putaran II (47,22%), putaran III (63,89%). c) menenyakan materi yang belum jelas, sebelum tindakan (11,11%),putaran I (13,89%), putaran II (25%), putaran III (41,67%). d) mengerjakan pekerjaan rumah, sebelum tindakan (44,44%), putaran I (50%), putaran II (63,89), putaran III (77,78%). (2) peningkatan hasil belajar siswa yang nilainya lebih dari sama dengan 65, sebelum tindakan (52,78%), putaran I (58,33%), putaran II (69,44%), putaran III (83,33%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan aptitude treadment interaction dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-061 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar, dan Aptitude Treatment Interaction |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Dec 2011 10:37 |
Last Modified: | 11 Jan 2012 05:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15750 |
Actions (login required)
View Item |