Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui PEndekatan Aptitide Treatment Interaction (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

HARIYANTI, ERLYNA JULI (2011) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui PEndekatan Aptitide Treatment Interaction (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_Halaman_Depan.pdf

Download (686kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_BAB_1.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa melalui pendekatan aptitude treadtment interaction. (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui pendekatan aptitude treatment interaction. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi belajar matematika dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian (1) peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat melalui meningkatnya indikator motivasi belajar meliputi: a) menjawab pertanyaan, sebelum tindakan (16,67%), putaran I (19,44%), putaran II (33,33%), dan putaran III (55,56%). b) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebelum putaran (25%), putaran I (33,33%), putaran II (47,22%), putaran III (63,89%). c) menenyakan materi yang belum jelas, sebelum tindakan (11,11%),putaran I (13,89%), putaran II (25%), putaran III (41,67%). d) mengerjakan pekerjaan rumah, sebelum tindakan (44,44%), putaran I (50%), putaran II (63,89), putaran III (77,78%). (2) peningkatan hasil belajar siswa yang nilainya lebih dari sama dengan 65, sebelum tindakan (52,78%), putaran I (58,33%), putaran II (69,44%), putaran III (83,33%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan aptitude treadment interaction dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-061
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, dan Aptitude Treatment Interaction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Dec 2011 10:37
Last Modified: 11 Jan 2012 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15750

Actions (login required)

View Item View Item