ANALISIS PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI DAN PERSONALITY TERHADAP KEAHLIAN DALAM END-USER COMPUTING (Survey Pada Pemerintah Daerah Se-Eks Karisidenan Surakarta)

OKTARINA, NICKEN (2008) ANALISIS PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI DAN PERSONALITY TERHADAP KEAHLIAN DALAM END-USER COMPUTING (Survey Pada Pemerintah Daerah Se-Eks Karisidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B200040396.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

Masalah yang hendak dicari dalam penelitian ini yaitu apakah faktor demografi yang terdiri dari umur, jenis kelamin, pendidikan, pengalaman dan personality yang terdiri dari computer anxiety, computer attitudes, math anxiety berpengaruh negatif atau positif terhadap keahlian dalam End-User Computing (EUC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor demografi dan personality berpengaruh terhadap keahlian dalam End-User Computing (EUC). Metode pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode pemilihan sampel nonprobabilitas yaitu pemilihan sampel bertujuan (purposive sampling). Populasi samplingnya adalah pegawai Pemerintah Daerah Se-Eks Karisedenan Surakarta yang bekerja pada kantor pengolahan data elektronik (PDE). Analisis data yang digunakan adalah untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi berganda yang mencakup Uji F, koefisien determinasi (R2) dan uji t. Hasil yang ditunjukkan dengan perhitungan dari teknik analisis regresi berganda adalah EUC= 53,739 – 1,375 UMR + 0,123 DJKL + 2,514 DPPK2 + 3,924 DPPK3 + 5,307 DPPK4 + 1,865 PGAN - 0,367 CAN + 0,459 CAT - 0,538 MAN, sehingga dapat disimpulkan bahwa jenis kelamin, pendidikan, pengalaman, computer attitudes berpengaruh positif terhadap End-User Computing (EUC), sedangkan umur, computer anxiety dan math anxiety berpengaruh negatif terhadap End-User Computing (EUC). Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung umur (-2,255), dummy jenis kelamin (0,101), dummy pendidikan2 (0,833), dummy pendidikan3 (1,696), dummy pendidikan4 (1,969), pengalaman (2,318), computer anxiety (-2,566), computer attitudes (4,480), dan math anxiety (-3,345) dengan nilai t tabel (1,992) maka dapat disimpulkan bahwa variabel umur, computer anxiety, math anxiety mempunyai pengaruh negatif terhadap End-User Computing (EUC), dan variabel pengalaman dan computer attitudes berpengaruh positif terhadap End-User Computing (EUC), sedangkan variabel jenis kelamin dan pendidikan tidak berpengaruh terhadap End-User Computing (EUC).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Umur, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pengalaman, Computer Anxiety, Computer Attitudes, Math Anxiety Dan End-User Computing (EUC)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 May 2009 08:01
Last Modified: 17 Nov 2010 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item