ELITHA, LILI ARIFIANI (2011) Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Collaborative Learning dan Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri I Tahunan JEpara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (142kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
PDF (Bab Iv)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis, (1) perbedaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efektifitas motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa tehadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tahunan, Jepara. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fa = 4.779, (2) ada pengaruh yang signifikan prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa, dengan nilai Fb = 23.815, (3) tidak ada interaksi penggunaan strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan nilai Fab = 0.708.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative Learning, NHT, Motivasi - Belajar, Prestasi - Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Dec 2011 09:58 |
Last Modified: | 01 Dec 2011 09:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15747 |
Actions (login required)
View Item |