Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar Tahun 2011)

SULISTIYONO, SULISTIYONO (2011) Muatan dan Penanaman Kesadaran Berkonstitusi (Studi Kasus Penggunaan Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Dadang Sundawa, dkk di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui muatan materi kesadaran berkonstitusi dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan di kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011, dan 2) Untuk mengetahui proses penanaman kesadaran berkonstitusi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Kecamatan Mojogedang, Karanganyar Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa keadaan benda bergerak atau tidak bergerak yaitu buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk, berupa orang, yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi, yang pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari, kepala sekolah, guru, siswa, dan dokumen berupa buku PKn. Kedua, triangulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Muatan materi konstitusi yang terkandung dalam buku ajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII karangan Dadang Sundawa, dkk yang digunakan, sudah sesuai dengan Kurikulum dan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) PKn; 2) Pelaksanaan pendidikan kesadaran berkonstitusi di SMP Negeri 3 Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar dilakukan bersamaan dengan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan oleh guru PKn dengan cara mengajarkan materi pendidikan konstitusi yang termuat dalam buku PKn yang dijadikan acuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011 - 45
Uncontrolled Keywords: Muatan Buku PKn, Penanaman Kesadaran Berkonstitusi, Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Nov 2011 09:08
Last Modified: 10 Jan 2012 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15719

Actions (login required)

View Item View Item