Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Tenaga Kerja dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Salatiga Tahun 1995-2009

Sofyan, Toni (2011) Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Tenaga Kerja dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Salatiga Tahun 1995-2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (280kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKApdf.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Tenaga Kerja dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Salatiga Tahun 1995-2009”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa jauh faktor jumlah penduduk, tenaga kerja dan investasi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di kota salatiga. Penelitian ini menggunakan alat analis Two Stage EGECM. Dari hasil uji stasioneritas terdapat tiga variabel yang stasioner yaitu pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk dan tenaga kerja. Hal ini dapat diketahui DF/ADF>τ(0,05) yaitu untuk pertumbuhan ekonomi 3.304056 , jumlah penduduk -7,174491 dan tenaga kerja -3.319720. Karena belum semua variabel stasioner maka dilanjutkan uji derajat integrasi, menunjukkan hasil model terbaik dengan AIC minimum variabel-variabel tersebut telah stasioner. Pada uji kointegrasi nilai DF/ADF>τ(0,05) pada Lag 0 dan Lag 1, model 1 atau model 2 memiliki nilai statistik yang sama, tetapi data tidak ada kointegrasi. Kemudian dilakukan uji EGECM, dari hasil uji EG-ECM menunjukkan bahwa dalam estimasi jangka pendek variabel-variabel independen tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal ini karena koefisien ECT sebesar -1.343912 tidak signifikan dan nilai probabilitas variabel-variabel independen yang tidak signifikan, sehingga dalam jangka pendek tidak dapat dilakukan uji statistik dan uji asumsi klasik. Dari estimasi jangka panjang hanya variabel investasi yang signifikan, yaitu pada α=1% dengan nilai probabilitas 0,0015. Dalam uji asumsi klasik ditemukan adanya penyimpangan yaitu adanya masalah heterokedastisitas dan uji durbin watson yang tidak menghasilkan kesimpulan. Uji t diketahui dalam jangka panjang secara statistik variabel investasi berpengaruh signifikan pada α=1%. Uji F menunjukkan bahwa model yang digunakan eksis dalam jangka panjang, hasil tersebut diperoleh dari Fhitung >Ftabel pada tingkat keyakinan α=1%, berarti variabel independent secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Uji R2 diperroleh hasil jangka panjang 74,2% dijelaskan oleh variabel independen, sedang sisanya 25,8% dijelaskan oleh varaiabel bebas diluar model yang diestimasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B300/2011 - 21
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, EG-ECM.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Nov 2011 05:42
Last Modified: 12 Jan 2012 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15717

Actions (login required)

View Item View Item