Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa untu MEngikuti Pendidikan Profesi AKuntansi(PPAk) (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Surakarta)

RAHARJO, NUGROHO BUDI (2011) Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa untu MEngikuti Pendidikan Profesi AKuntansi(PPAk) (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._Daftar_pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi karier, motivasi gelar, motivasi ekonomi, motivasi mencari ilmu, motivasi mengikuti UASP, lama pendidikan dan biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Surakarta. Karakteristik khusus yang menjadi pertimbangan sebagai dasar pengambilan sampel adalah mahasiswa S1 akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Daerah Surakarta, yaitu UNS dan UMS yang tengah duduk di tahun ke empat ketika penulisan ini sedang dilakukan, yaitu mahasiswa angkatan 2008.Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah Analisis Kuantitatif yaitu dengan menggunakan teknik analisis berupa Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil pengujian diperoleh motivasi karier berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa. Nilai t hitung (2,094) dan nilai signifikansi 0,039 < 0,05, motivasi mencari ilmu tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa. Nilai t hitung (-0,770) dan nilai signifikansi 0,443 > 0,05, motivasi ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa. Nilai t hitung (0,889) dan nilai signifikansi 0,376 > 0,05, motivasi gelar tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa. Nilai t hitung (0,500) dan nilai signifikansi 0,618 > 0,05, motivasi mengikuti UASP berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk. Nilai t hitung (2,155) dan nilai signifikansi 0,034 < 0,05, lama pendidikan tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk. Nilai t hitung (0,469) dan nilai signifikansi 0,640 > 0,05, Biaya pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti PPAk. Nilai t hitung (-3,699) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 5,041 nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka model yang diuji dengan pilihan variabel di atas sudah tepat (fit) atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan variabel independen terhadap variabel dependen minat mahasiswa mengikuti PPAk. Nilai Adjusted R2 = 0,228. Sehingga dapat diketahui bahwa variabel-variabel motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi gelar, motivasi menuntut ilmu, motivasi mengikuti UASP, lama pendidikan dan biaya pendidikan mampu menjelaskan minat mahasiswa mengikuti PPAk sebesar 22,8% dan sebesar 77,2% ditentukan oleh variabel diluar model, sehingga model regresi ini sudah cukup baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK B200/2011 - 39
Uncontrolled Keywords: motivasi, karier, gelar, ekonomi, ilmu, UASP, pendidikan, biaya, minat PPAk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2011 04:13
Last Modified: 12 Jan 2012 08:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15704

Actions (login required)

View Item View Item