KHODRIYAH, SITI (2011) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI TK AL-ISLAM 4 SURAKARTA PADA BULAN APRIL – MEI TAHUN 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (117kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian terbagi menjadi dua bagian, yaitu tujuan penelitian secara umum dan tujuan penelitian secara khusus. Secara umum penelitian bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak pada anak didik kelompok B di TK Al-Islam 4 Surakarta melalui permainan balok. Sedangkan secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kreativitas anak melalui permainan balok di TK Al- Islam 4 Surakarta. Objek penelitian ini adalah penerapan metode permainan balok untuk meningkatkan kreativitas anak. Sumber dari penelitian ini adalah data yang diperoleh dari sekolahan dan hasil dari analisis data penelitian terhadap anak didik kelompok B TK A-Islam 4 Sondakan Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan balok mampu meningkatkan kreativitas anak. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil evaluasi terhadap profil kelas sebelum dan sesudah penelitian serta tanggapan dari anak didik setelah tindakan selesai kreativitas anak dalam hal keterampilan berfikir luwes anak dalam aspek yang diamati mempunyai gagasan/ide dari 47,3% meningkat menjadi 89,4%. Kreativitas anak dalam hal rasa ingin tahu anak dalam aspek yang diamati aktif dan giat bertanya dari 52,6% meningkat menjadi 89,4%. Kreativitas anak dalam rasa percaya diri anak dalam aspek yang diamati menceritakan dan menunjukkan mainan yang dibuatnya dengan balok dari 36,8% meningkat menjadi 81,2%. Kreativitas anak dalam kemampuan imajinasi anak dalam aspek yang diamati mampu/dapat membuat berbagai bentuk mainan dari balok dari 42,1% meningkat menjadi 84,4%. Pembelajaran ini mendapat respon yang positif dari anak didik karena pembelajaran lebih inovatif dan bermakna.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Permainan Balok, Kreativitas Anak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Nov 2011 05:53 |
Last Modified: | 29 Nov 2011 05:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15680 |
Actions (login required)
View Item |