UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN (PTK di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu Klaten)

HAPSARI, NOVITA INDAH (2011) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN (PTK di TK Pertiwi Kepanjen Delanggu Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode observasi untuk mengamati proses pembelajaran kegiatan pembelajaran bermain peran anak, wawancara untuk memperoleh informasi langsung tentang anak didik, dokumen untuk mengetahui data perkembangan anak dalam kreativitas, penugasan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran bermain peran, analisis data yang digunakan dengan teknik perbandingan antara hasil data dari catatan lapangan, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bawah terjadinya peningkatan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran bermain peran di TK Pertiwi Kepanjen 1 Delanggu Klaten dalam setiap tindakan yang dilakukan. Adapun peningkatan kreativitas anak dapat dilihat dari aspek: a) kemampuan anak dalam mengajukan pertanyaan (30,76 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 20 anak (76,92 %), b) kemampuan rasa ingin tahu anak semula hanya 8 anak (30,76 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 20 anak (76,92 %), c) kemampuan melakukan eksperiment sebelum tindakan hanya 8 anak (30,76 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 20 anak (76,92 %), d) kemampuan suka menerima ra ngsangan baru sebelum tindakan hanya 8 anak (30,76 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 20 anak (76,92 %) e) kemampuan melakukan banyak hal sebelum tindakan hanya 8 anak (30,76 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 20 anak (76,92 %), dan f) kemampuan tidak mudah merasa bosan sebelum tindakan hanya 8 anak (30,76 %) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 20 anak (76,92 %). Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran bermain peran melalui model pembelajaran bermain peran mampu meningkatkan kreativitas anak taman kanak - kanak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman model pembelajaran, Bermain Peran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:25
Last Modified: 29 Nov 2011 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15676

Actions (login required)

View Item View Item