INDRAWATI, FEBRIA LUXY (2011) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK MELALUI METODE BERMAIN DADU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (150kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (167kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
09._HALAMAN_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak dengan menerapkan metode bermain dadu. Kemampuan berhitung anak perlu di tingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari anak dan sebagai dasar untuk mempelajari matematika pada jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran berhitung bagi anak yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berhitung adalah dengan menggunakan metode bermain dadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK MTA Gemolong tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak maupun untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak pembelajaran melalui metode bermain dadu. Prosentase rata-rata kemampuan berhitung anak dalam satu kelas yakni sebelum tindakan 39.52%, siklus I mencapai 60,84%, siklus II mencapai 71%, dan siklus III mencapai 84%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain dadu dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Penerapan metode bermain dadu juga didukung dengan pengelolaan kelas secara berkelompok. Penggunaan metode dan pengelolaan kelas sangat penting karena dapat membantu meminimalkan permasalahan saat pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain Dadu, Kemampuan Berhitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 29 Nov 2011 04:18 |
Last Modified: | 29 Nov 2011 04:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15672 |
Actions (login required)
View Item |