UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI PERMAINAN SUKU KATA PADA ANAK KELOMPOK B 1 DI TK AISYIYAH PUCANGAN I KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

FAJARWATI, INNA (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MELALUI PERMAINAN SUKU KATA PADA ANAK KELOMPOK B 1 DI TK AISYIYAH PUCANGAN I KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kegiatan belajar membaca awal dan kemampuan membaca awal melalui Permainan Suku Kata pada anak kelompok B-1 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pucangan 1 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dirancang 3 siklus, Prosedur dakam setiap siklus mencakup tahap-tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keefektifan tindakan setiap siklus diukur dari hasil observasi dan perbaikan pada kemampuan membaca awal. Dari hasil obsevasi dideskripsikan, diinterprestasikan kemudian direfleksi untuk menemukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Semantara itu data hasil observasi kemampuan membaca awal dianalisis dengan cara mendeskripsikan ke dalam suatu bentuk data penilaian yang berupa nilai. Dari prosentase dideskripsikan kearah kecenderungan tindakan guru dan reaksi serta hasil belajar anak hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indicator kinerja. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus diperoleh hasil bahwa rata-rata hasil observasi terhadap kegiatan anak pada kondisi awa atau pra siklus timgkat ketuntasan klasiklal 37,8%, pada siklus I sebesar 56,60%, pada siklus II sebesar 63%, pada siklus III meningkat menjadi 82,50%. Penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui permainan suku kata, guru dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak kelompok B-1 di TK Aisyiyah Pucangan 1 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan suku kata, Kemampuan membaca awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 04:04
Last Modified: 29 Nov 2011 04:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15670

Actions (login required)

View Item View Item