MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN MENGGUNTING PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH SROYO II TAHUN AJARAN 2010/2011

SETYANINGSIH, YULIANA ESTRI (2011) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN MENGGUNTING PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH SROYO II TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan motorik halus anak dalam menggunting TK Aisyiyah Sroyo II, tahun ajaran 2010/2011. Motorik halus merupakan bidang pengembangan yang harus dikembangkan di TK, pembelajaran motorik halus harus diasah sejak dini karena diharapkan suatu saat nanti anak terlatih koordinasi penglihatan dan gerak jari tangan. Peningkatan kemampuan motorik halus anak dapat dilakukan dengan salah satu cara yaitu melalui permainan menggunting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Aisyiyah Sroyo II tahun ajaran 2010/2011. Jumlah anak yang diteliti 14, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 9 laki-laki. Penelitian peneliti ini bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru kelompok A. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, keabsahan metode data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran motorik halus anak melalui kegiatan menggunting yaitu sebelum tindakan 42%, siklus I 57%, dan siklus II 78%. Kegiatan menggunting dilakukan dengan pemberian permainan agar anak semangat dalam mengerjakan kegiatan ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan menggunting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Aisyiyah Sroyo II dalam menggunting apabila dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah direncanakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motorik halus, menggunting
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 03:59
Last Modified: 29 Nov 2011 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15668

Actions (login required)

View Item View Item