PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN ALAT PENCETAK ROKOK DITINJAU DARI KEINGINAN KONSUMEN ( Studi Kasus: Home Industy Rokok Rakyat Kecil Kp. Widoro, Sragen )

SULISTYANTO, IWAN (2007) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN ALAT PENCETAK ROKOK DITINJAU DARI KEINGINAN KONSUMEN ( Studi Kasus: Home Industy Rokok Rakyat Kecil Kp. Widoro, Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HAL_DEPAN_SKRIPSIKU.pdf

Download (280kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
BAB_I_SKRPSIKU.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_II_SKRPSIKU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_III_SKRPSIKU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (bab.4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] PDF (bab.5)
BAB_V_skripsikku.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
daftar_kuesionerku.pdf

Download (14kB)

Abstract

Dalam menggunakan suatu produk kita akan selalu mencari yang lebih praktis, baik dalam penggunaan maupun dalam penyimpanan. Kekurangan yang banyak dialami suatu produk adalah kurang flexsibelnya suatu alat atau produk terhadap kenyamanan pengguna. Di didalam home industri rokok kita melihat alat pencetak rokok yang digunakan untuk proses mencetak rokok masih manual. Dari survei awal yang telah dilakukan operator mengeluhkan lamanya waktu proses mencetak rokok dalam menggunakan alat pencetak rokok pada waktu mereka sedang dalam proses mencetak rokok. Dari permasalahan yang ada penulis kemudian mencoba untuk merancang alat pencetak rokok yang praktis dalam penggunaan maupun penyimpanan. Hal yang sangat ber pengaruh dalam perancangan produk ini adalah aspek desain yaitu meliputi bentuk, spesifikasi, kenyamanan. Maka dari itu untuk menyelesaikan permasalahan diatas langkah- langkah yang diambil penulis yaitu ; identifikasi masalah, mencari data dengan penyebaran kuesioner, pengolahan data dengan quality function deployment, perancangan dan pembuatan alat sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Untuk perancangan dan pengembangan produk menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment) yaitu: sebuah sistem pengembangan produk yang dimulai dari merancang produk, proses manufaktur sampai produk tersebut ke tangan konsumen, dimana pengembangan produk berdasarkan keinginan konsumen. Hasil yang didapat adalah sebuah desain produk baru yang didasari dari keinginan konsumen atau pemakai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat pencetak rokok, identifikasi masalah, QFD dan perancangan dan pembuatan desain baru.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:57
Last Modified: 28 Nov 2011 10:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item View Item