USAHA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUK BRIGHTON CHAIR (GC 023 A) DENGAN PRODUCTIVITY EVALUATION TREE (PET) MODEL (Studi Kasus : CV. Valasindo Sentra Usaha, Karanganyar)

SUPRIYANTO, AGUNG (2007) USAHA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUK BRIGHTON CHAIR (GC 023 A) DENGAN PRODUCTIVITY EVALUATION TREE (PET) MODEL (Studi Kasus : CV. Valasindo Sentra Usaha, Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
moto,persembahan,_abstraksi,kata_pengantar.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
bab1.pdf

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (dafatar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
lampiran-lampiran.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (bab.2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (bab.3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab.4&5)
BAB_IV-V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)

Abstract

Usaha peningkatan produktivitas merupakan suatu langkah menuju perbaikan perusahaan dimasa yang akan datang, jika produktivitas perusahaan direncanakan dengan baik maka perusahaan dapat menghemat dan menggunakan semua sumber daya yang ada diperusahaan secara efisien dan efektif. CV. Valasindo Sentra Usaha adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan mebel. Perusahaan ini menginginkan adanya peningkatan produktivitas dimasa yang akan datang sehingga keuntungan yang didapatkan perusahaan periode mendatang akan lebih dibandingkan periode lalu. Productivity evaluation tree (PET) Model merupakan suatu alat analisa produktivitas yang dapat digunakan untuk mengukur dan merencanakan produktivitas suatu perusahaan dengan mengandalkan pada keputusan manajerial, terutama dalam mengidentifikasi dan menguji alternative perencanaan. Model perencanaan produktivitas PET memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam mengembangkan dan menilai seluruh alternative yang mungkin dilakukan dalam menetapkan target peningkatan produktivitas dan usaha peningkatan produktivitas melalui pohon evaluasi produktivitas. Namun dalam melakukan implementasi, sebaiknya ranking alternative yang diperoleh dikaji lagi karena hasil dari model ini hanya dihitung berdasarkan perubahan input, output dan tingkat produktivitas dari penggunaan suatu alternative. Dalam menggunakan metode ini data yang digunakan adalah Biaya pengeluaran periode Desember 2006, output produk bulan desember 2006. langkah-langkah yang harus dilakukan adalah menghitung produktivitas perusahaan saat ini, mengidentifikasi alternativealternatif yang memungkinkan, kemudian menghitung estimasi output dan input, menentukan tingkat produktivitas yang lebih dari 1, dan menetapkan perubahan produktivitas yang paling besar dari alternative-alternatif yang ada. Dalam penelitian ini alternative perencanaan ada tiga yang pertama meningkatkan standart penggunaan bahan baku dari 20% menjadi 30%. Alternative ke dua adalah pengeluaran bahan baku diusulkan sama dengan bulan lalu dengan menerapkan peningkatan standart penggunaan bahan baku sama seperti dengan alternative 1 dan alternative yang ketiga adalah menstimulasi alternative 2 dengan melakukan manajemen motivasi terhadap tenaga kerja. Dari hasil evaluasi pohon produktivitas maka dapat diketahui estimasi peningkatan produktivitaas yang tertinggi adalah alternative ke tiga dengan perubahan tingkat produktivitas sebesar 0,39.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, perencanaan, Productivity Evaluation Tree(PET) Model
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:51
Last Modified: 28 Nov 2011 10:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item