LESTARI, PUJI (2011) SUPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DESA KLUMPRIT I MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (135kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain puzzle. Kemampuan kognitif perlu ditingkatkan karena kognitif sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk berfikir, menalar, mengapresiasi masalah-masalah yang dihadapi. Dengan kognitif yang baik anak akan dengan percaya diri menyelesaikan masalahnya dengan baik dan tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Desa Klumprit I Mojolaban Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran bermain puzzle dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik komparatif/membandingkan kemampuan anak dari hasil penelitian dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak didik sebelum tindakan sampai dengan Siklus III menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 33,90%, Siklus I mencapai 51,75%, Siklus II mencapai 62,95% dan Siklus III mencapai 82,73%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa penggunaan metode bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan kognitif, Bermain Puzzle |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2011 10:00 |
Last Modified: | 28 Nov 2011 10:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15656 |
Actions (login required)
View Item |