SURYANI, DEWI (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE GLENN DOMAN PADA ANAK KELOMPOK B SEMESTER I BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH QURROTA A’YUN KEMASAN POLOKARTO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
|
PDF (haldepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (318kB) |
|
|
PDF (bap1)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (bap2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (bap3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (bap4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (bap5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
PDF (daftarpustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (54MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca melalui metode Glenn Doman pada anak didik kelompok B BA. Aisyiyah Qurrota A’yun Kemasan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca, khususnya dalam mengidentifikasi kata, menggabungkan kata menjadi kalimat sederhana, dan mengidentifikasi hubungan bahasa lisan dan tulisan melalui metode Glenn Doman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B BA. Aisyiyah Qurrota A’yun Kemasan yang berjumlah 14 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan membaca melalui metode Glenn Doman pada anak kelompok B BA. Aisyiyah Qurrota A’yun Kemasan tahun pelajaran 2011/2012, sebelum tindakan adalah: anak dapat mengidentifikasi kata yang telah didengar dan dilihat (21,42%), Anak dapat mengidentifikasi hubungan antara bahasa lisan dan bahasa tulisan (21,4 %), Anak dapat membaca kata dengan lancar, tepat, dan benar (35,71%), dan Anak dapat menggabungkan dua kata menjadi kalimat sederhana (42.85%). Peningkatan setelah diadakan penelitian yakni: anak dapat mengidentifikasi kata yang telah didengar dan dilihat (64,28%), Anak dapat mengidentifikasi hubungan antara bahasa lisan dan bahasa tulisan (71,42%), anak dapat membaca kata dengan lancar, tepat, dan benar (78,57%), dan Anak dapat menggabungkan dua kata menjadi kalimat sederhana (64,28%). Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian.
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan, membaca, permainan, kartu kata. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 28 Nov 2011 09:52 |
Last Modified: | 28 Nov 2011 10:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15654 |
Actions (login required)
View Item |