PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SKRIPSI

PRIYANTO, DWI (2011) PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SKRIPSI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (467kB)
[img] PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa tentang gaya dan gerak melalui metode group investigation. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Banyurip 2 yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa tentang gaya dan gerak. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya materi gaya dan gerak setelah diterapkan model pembelajaran toys dan trick dari 33,33 % pada pra siklus 50 % pada siklus I, dan 88,89 % pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa, hasil belajar IPA, dan Metode group investigtion .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Nov 2011 05:26
Last Modified: 28 Nov 2011 05:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15637

Actions (login required)

View Item View Item