SARIYATI, SRI (2011) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MEDIA DAN BERKONTEKS LOKAL (Pada Siswa kelas IV SDN 02 Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar Tahun 2011/ 2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf Download (125kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Download (799kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistik yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 02 Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes setiap akhir siklus, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Terdapat Peningkatan hasil belajar Non skolastik yang dimaknai sebagai Keaktifan belajar matematika siswa yaitu (a) Keberanian siswa dalam mengeluarkan ide atau bertanya yaitu dalam setiap putaran semakin meningkat dari 3% menjadi 27% pada ahkir siklus, (b) Mengerjakan soal di depan kelas dari 15% menjadi 69%, (c) Keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh dari 6% menjadi 39%; 2) Terdapat Peningkatan hasil belajar Skolastik yang dimaknai sebagai prestasi siswa yaitu nilai prestasi siswa ditunjukkan dengan nilai hasil kemampuan dalam mengerjakan soal latihan yang mendapat nilai 70 keatas meningkat, yaitu dari 51% menjadi 85% pada akhir tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar, sehingga diharapkan para guru matemetika menggunakan pendekatan realistik pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Matematika Realistik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2011 05:03 |
Last Modified: | 28 Nov 2011 05:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15636 |
Actions (login required)
View Item |