UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SIFAT BANGUN DATAR DENGAN METODE PREDICTION GUIDE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 BANJARHARJO KECAMATAN KEBAKKRAMAT (PTK KELAS V SD NEGERI 01 BANJARHARJO KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011)

WAHYUNINGSIH, FITRI (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SIFAT BANGUN DATAR DENGAN METODE PREDICTION GUIDE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 BANJARHARJO KECAMATAN KEBAKKRAMAT (PTK KELAS V SD NEGERI 01 BANJARHARJO KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
FITRI_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
FITRI-1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab 2)
FITRI-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (BAb 3)
FITRI-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab 4)
FITRI-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab 5)
FITRI-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
FITRI_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
FITRI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada aspek kognitif dalam mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD N 01 Banjarharjo melalui metode Prediction guide; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek afektif yang meliputi keaktifan dan kreatifitas belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD N 01 Banjarharjo melalui metode Prediction Guide. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam Penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, soal tes, serta daftar nilai kelas V SD N 01 Banjarharjo. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan minimal 60 adalah 33,4 %, pada siklus I hasil belajar siswa yang berupa aspek kognitif pada nilai tugas meningkat menjadi 55,6 %, sedangkan pada aspek afektif yang meliputi keaktifan dan kreatifitas belajar siswa 66,6 %, dengan hasil rata-rata pada aspek afektif mencapai 62,5 %. Pada siklus II mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 94,4 % siswa mencapai nilai di atas nilai KKM, 94,4 % siswa ikut aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan 94,4 % siswa mampu meningkatkan kreatifitasnya. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan metode prediction guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif; (2) Metode prediction guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek afektif meliputi keaktifan dan kreatifitas belajar siswa kelas V SD N 01 Banjarharjo tahun 2010/2011. Kata Kunci : Prediction Guide, Hasil Belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prediction Guide, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 25 Nov 2011 10:17
Last Modified: 25 Nov 2011 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15631

Actions (login required)

View Item View Item