UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY SISWA KELAS VIIA MTs YAUMIKA KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SKRIPSI Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat S-1 Program Studi Pendidikan Biologi

KUNCORO, AJI JAROT (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY SISWA KELAS VIIA MTs YAUMIKA KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SKRIPSI Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat S-1 Program Studi Pendidikan Biologi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_II.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Bab V)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
LAMPIRAN.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Lampiran)
HALAMAN_DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi materi Ekosistem dengan menggunakan metode inquiry dapat siswa kelas VIIA MTs Yaumika Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Tekhnik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembelajaran memakai metode inquiry dan dari data yang diperoleh pada setiap akhir pertemuan yaitu aspek kognitif dan aspek afektif. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II dan dihitung rata-rata nilainya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran dengan metode inquiry aspek kognitif dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIA MTs Yaumika Kalijambe Sragen tahun ajaran 2010/2011 dari kondisi awal siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 23,33%, siklus I sebesar 43,33% dam siklus II sebesar 93,33%; 2) Strategi pembelajaran dengan metode inquiry aspek afektif dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIA MTs Yaumika Kalijambe Sragen tahun ajaran 2010/2011 dari rata-rata nilai kelas siklus I sebesar 62,73% dan pada akhir siklus (siklus II) menjadi sebesar 77,06%. Dengan demikian strategi pembelajaran dengan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Biologi materi Ekosistem baik kognitif maupun afektif pada siswa kelas VIIA MTs Yaumika Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2011 08:39
Last Modified: 24 Nov 2011 08:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15604

Actions (login required)

View Item View Item