KUNCORO, AJI JAROT (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY SISWA KELAS VIIA MTs YAUMIKA KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SKRIPSI Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Mencapai Derajat S-1 Program Studi Pendidikan Biologi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_II.pdf Download (66kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
PDF (Bab V)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
LAMPIRAN.pdf Download (259kB) |
|
PDF (Lampiran)
HALAMAN_DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi materi Ekosistem dengan menggunakan metode inquiry dapat siswa kelas VIIA MTs Yaumika Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Tekhnik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan pembelajaran memakai metode inquiry dan dari data yang diperoleh pada setiap akhir pertemuan yaitu aspek kognitif dan aspek afektif. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II dan dihitung rata-rata nilainya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran dengan metode inquiry aspek kognitif dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIA MTs Yaumika Kalijambe Sragen tahun ajaran 2010/2011 dari kondisi awal siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 23,33%, siklus I sebesar 43,33% dam siklus II sebesar 93,33%; 2) Strategi pembelajaran dengan metode inquiry aspek afektif dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIA MTs Yaumika Kalijambe Sragen tahun ajaran 2010/2011 dari rata-rata nilai kelas siklus I sebesar 62,73% dan pada akhir siklus (siklus II) menjadi sebesar 77,06%. Dengan demikian strategi pembelajaran dengan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Biologi materi Ekosistem baik kognitif maupun afektif pada siswa kelas VIIA MTs Yaumika Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Metode inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2011 08:39 |
Last Modified: | 24 Nov 2011 08:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15604 |
Actions (login required)
View Item |