PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SMP N 2 PENAWANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011

MUNAWAROH, SITI (2011) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SMP N 2 PENAWANGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) Pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) Pengaruh aktivitas belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang aktif dalam kegiatan OSIS pada SMP N 2 Penawangan yaitu berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji f) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t) dan perhitungan koefisien determinasi. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh thitung> ttabel, yaitu 3,023>2,052 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,005. 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan analisis diperoleh thitung< ttabel, yaitu -0,617<2,052 dan nilai probabilitas signifikansi > 0,05, yaitu 0,543. 3). Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara aktivitas belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 5,262 > 3,354 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012. 4) Variabel aktivitas belajar dan partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS memberikan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar sebesar 28%, sedangkan sisanya 72% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011 - 46
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, partisipasi siswa dalam kegiatan OSIS dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2011 06:50
Last Modified: 10 Jan 2012 08:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item