SUHIRMAN, MUH. (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SIMULASI PERMAINAN MONOPOLI PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MASARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (171kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: mengetahui pengaruh pembelajaran dengan simulasi permainan monopoli terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Masaran. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 3 dan kelompok kontrol sebanyak 44 siswa yaitu kelas VII 1. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada α= 5 % diperoleh ttabel = 1,987 dan thitung = 4,039 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan simulasi permainan monopoli berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika pada pokok bahasan segiempat. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli menjadikan siswa lebih mampu memecahkan masalah matematika dibandingkan pembelajaran menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan simulasi permainan monopoli dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-058 |
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, pembelajaran - matematika, permainan - monopoli, pemecahan – masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 21 Nov 2011 11:01 |
Last Modified: | 11 Jan 2012 05:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15540 |
Actions (login required)
View Item |